Rabu, 08 Juli 2009

Hats-hati, Bahaya Tetap Mengincar Windows XP Anda

Akan segera keluarnya Windows 7, Operating System terbaru dari Microsoft, ternyata tidak mengurangi “keusilan” dari para penjahat cyber terhadap OS lama Microsoft. Microsoft melalui website resminya mengumumkan bahwa terjadi serangan yang memanfaatkan celah yang ada di Microsoft Video ActiveX Control pada Windows XP dan Windows Server 2003. 

Dengan memanfaatkan celah tersebut, penjahat cyber akan mendapatkan hak yang sama dengan user local dalam penggunaan komputernya. Dengan cara seperti itu, si penjahat dapat mengakses data korbannya dengan lebih mudah.

Cara penyebarannya pun begitu mudah. Saat seorang pengguna komputer yang tidak tahu apa-apa, kemudian menggunakan Internet Explorer mengunjungi sebuah website yang telah “teracuni”, maka secara otomatis program jahat itu akan masuk melalui celah yang terbuka dan menginfeksi komputer korban.

Bagi Anda yang telah menggunakan Windows Vista atau Windows Server 2008, Anda bisa sedikit tenang. Kemampuan menginfeksi komputer korban melalui Internet Explorer sudah sulit dilakukan pada kedua OS tersebut, karena kemampuan untuk mengoper data ke kontrol melalui Internet Explorer telah dibatasi. Namun, Microsoft tetap menganjurkan semua pengguna OS Microsoft untuk melakukan solusi Workaround.

Cukup mudah untuk menjalankan solusi Workraround. Silahkan kunjungi Knowledge base article 972890, kemudia klik “Enable workaround”. Kemudian jalankan file .msi yang telah didownload untuk menon-aktifkan ActiveX control. Untuk mengembalikannya lagi, download dan jalankan file .msi dari link “Disable workaround”.

Tuesday, 07 July 2009 on www.chip.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar