Rabu, 08 Juli 2009

Tips Microsoft Word 2003


Proteksi: Melindungi dokumen agar tidak mudah dibuka dan dimodifikasi.

Anda memiliki sejumlah dokumen yang dibuat melalui Microsoft Excel dan ingin memproteksinya sehingga tidak sembarang orang dapat mengakses dan mengubah isi dokumen tersebut. Bagaimana langkahnya untuk melindungi dokumen tersebut agar tidak mudah diakses sembarang orang?

Tips:
Buka dokumen Microsoft Excel yang ingin diproteksi. Selanjutnya, arahkan mouse ke menu "Tools" dan pilih "Options". Untuk memproteksi dokumen Microsoft Excel, Anda dapat masuk ke dalam tab "Security". Setelah itu, Anda dapat menuliskan password yang berguna untuk melindingi dokumen Microsoft Excel agar tidak mudah dibuka oleh orang lain ke dalam boks "Password to open".


Selain itu, Anda juga harus menuliskan sebuah password ke dalam boks "Password to modify". Password yang di tulis dalam boks Password to modify berfungsi untuk melindungi dokumen agar tidak dapat dimodifikasi oleh orang lain. Setelah semua password Anda masukkan, selanjutnya klik tombol “OK”. Setelah itu, muncul window "Confirm Password" yang meminta Anda memasukkan password konfirmasi untuk membuka dokumen Microsoft Excel. Dalam window "Confirm Password" ini, Anda dapat memasukkan password konfirmasi yang sama dengan password dalam boks "Password to open" dan klik “OK”.

Selesai Anda memasukkan konfirmasi password untuk membuka sebuah dokumen, Anda diminta kembali untuk memasukkan password ke dalam window "Confirms Password". Kali ini, password yang Anda tulis harus sama dengan password dalam boks "Password to modify" dan kembali tekan tombol “OK”. Sekarang, dokumen Microsoft Excel yang akan dibuka maupun dimodifikasi telah diproteksi dengan pengaman password sehingga tidak mudah dibuka sembarang orang. sumber: www.chip.co.id


Microsoft Word 2003 - Menonaktifkan Secara Otomatis Sistem Penomoran

otomatisasi: Hilangkan tanda centang dalam boks Automatic numbered lists. Anda sering membuat dokumen yang memanfaatkan feature Bullets and Numbering, terutama fungsi penomoran. Ketika Anda menyisipkan sejumlah daftar ke dalam sebuah dokumen dan ingin menyelesaikannya, fungsi penomoran tersebut dapat di non-aktifkan secara manual dengan menekan tombol [Enter] lalu menekan tombol [Tab]. Bagaimana jika Anda ingin menon-aktifkan fungsi penomoran ini secara otomatis?

Tips:Langkah pertama yang harus dilakan adalah menuliskan seluruh daftar yang ingin dibuat dengan sistem penomoran ke dalam dokumen. Setelah selesai menuliskan seluruh daftar ke dalam dokumen yang ingin dibuat, Anda dapat menuju ke menu "Tools" dan pilih "AutoCorrect Options". 

Program Microsoft Word akan menampilkan window "AutoCorrect" dan Anda dapat masuk ke dalam tab "AutoFormat As You Type". Proses selanjutnya, dalam tab tersebut Anda dapat menghilangkan tanda centang yang terdapat dalam boks "Automatic numbered list". Setelah menghilangkan tanda centang yang ada, proses tersebut dapat Anda akhiri perintahnya dengan menekan tombol “OK"


Microsoft Word - Cara Cepat Menyeleksi Satu Kalimat dalam Paragraf
 
Untuk menyeleksi teks secara cepat, Anda bisa melakukannya dengan mudah melalui klik ganda teks. Begitu juga paragraf, Anda bisa mengklik tiga kali. Namun, bagaimana dengan satu kalimat dalam sebuah paragraf? 

Tips
Kebanyakan pengguna Microsoft Word masih menggunakan cara manual untuk menyeleksi satu kalimat. Mereka menyeleksi mulai dari awal teks hingga akhir teks. Padahal, ada cara cepat untuk menyeleksi satu kalimat pada sebuah paragraf. Buka dokumen Word yang Anda miliki dengan Microsoft Word versi berapa saja. Selanjutnya, tekan tombol "Ctrl" lalu klik satu area di dalam kalimat yang ingin Anda seleksi. Secara otomatis, Microsoft Word akan menyeleksi satu kalimat secara utuh dengan warna hitam.

Microsoft PowerPoint - Mengembalikan Teks ke Keadaan Standar


Default: Teks yang telah Anda ubah bentuk dan warnanya bisa dikembalikan lagi ke keadaan standar.

Saat Anda membuat teks dalam program PowerPoint, keadaan standarnya akan berwarna hitam dengan jenis huruf yang juga standar bawaan PowerPoint. Oleh karena itu, pengguna PowerPoint sering sekali mengubah warna dan ukuran huruf demi mendapatkan tampilan huruf yang bagus.

Tips:
Setelah Anda selesai mendapatkan desain teks yang baik, tiba-tiba Anda berubah pikiran dan ingin mengganti desainnya lagi. Oleh karena itu, Anda menghapus dan membuat ulang teks tersebut. Padahal, ada cara yang lebih mudah untuk mengembalikan teks ke keadaan standarnya (keadaan awal sebelum Anda mengubah atau mengutak-atik teks). Anda cukup menyeleksi teks tersebut lalu menekan kombinasi tombol “[Alt]+[Space]”. Teks pun dengan cepat akan berubah kembali dengan warna hitam dan ukuran awal.

Microsoft Excel 2007 - Meng-copy Teks Sebagai Gambar



Berubah: Walaupun teks, Anda bisa mengubahnya ke format gambar dalam Excel 2007

Proses copy dalam Excel, default-nya hanya akan meng-copy teks menjadi teks atau gambar menjadi gambar kembali. Namun, bagaimana jika Anda menginginkan meng-copy teks dan meletakkannya (paste) sebagai gambar?

Tips:
Biasanya hal ini dilakukan untuk teks yang berukuran besar dan memiliki desain yang bagus untuk kebutuhan desain grafik dalam program pengolah gambar. Oleh karena itu, buatlah teks dalam sel-sel di Excel. Selanjutnya, untuk meng-copy teks tersebut sebagai gambar, Anda klik “Paste | Copy as Picture”. Kini, letakkan kursor di sel yang Anda kehendaki untuk meletakkan teks. Klik tombol “Paste” kembali dan lihat hasilnya. Teks yang dibuat akan berubah menjadi format gambar. Anda pun bisa menggeser dan memindahkan gambar tersebut dengan mouse di tempat lain yang Anda inginkan.
Setiawan Adi, Penulis@CHIP.co.id

Microsoft Office 2003 - Toolbar "Standard" dan "Formatting" dalam Dua Bari


Lebih enak dilihat: Susunan toolbar "Standard" dan "Formatting" yang sebelumnya dalam satu baris (atas), kini menjadi satu baris (bawah) sehingga terlihat lebih rapi.

Di Microsoft Office 2003, toolbar "Standard" dan "Formatting" terkadang diletakkan dalam satu baris. Susunan toolbar yang demikian membuat menu-menu di dalamnya terkesan berantakan. Anda bisa mengubahnya menjadi dua baris untuk seterusnya. Caranya? Baca tips-nya berikut ini.

Tips:
Untuk mengubah susunan dua toolbar tersebut menjadi dua baris, Anda bisa saja melakukan caranya dengan men-drag salah satu toolbar ke bawah. Namun, dengan cara ini, terkadang toolbar akan kembali ke posisi semula saat program dibuka kembali keesokan harinya. Cara yang lebih efisien adalah melalui menu "Tools | Customize".
Setelah window "Customize" terbuka, klik tab "Options". Aktifkan pilihan "Show standard and Formatting toolbars in two rows". Jika sudah, klik "OK". Lihat susunan toolbar kembali. Kini, tampilan dua toolbar tersebut menjadi lebih rapi dan menu-menunya tidak terlihat saling berdesakan lagi.

sumber :www.chip.co.id

 

2 komentar:

  1. Salam kenal, Ok materinya bagus pa lagi lengkap dengan gambar disampingnya, ajarin dong caranya gimana ,,,

    BalasHapus
  2. walaikumslm, maaf sobat klo aku ngajarin mungkin masih susah tapi klo dipelajarin insya Allah bisa..ya

    BalasHapus